Rabu, 20 Juli 2011

Memeriksa Kadar Gula Darah Sendiri


Untuk memeriksa kadar gula darah anda sendiri, yang dibutuhkan adalah Alat Tes Gula Darah (Self Monitoring of Blood Glucose) yang terdiri dari :
1. Jarum / Lancet : Jarum kecil yang ditusukkan ke dalam jari (menggunakan Lancing Device) untuk mengambil setetes darah
2. Test Strip : Strip yang apabila ditetesi darah akan bereaksi dan memberi petunjuk tentang berapa kadar gula darah anda.
3. Meter (Gluco Meter) : Monitor untuk menampilkan hasil kadara gula darah anda. Alat ini juga bisa dihubungkan dengan komputer untuk menampilkan grafik tentang kadar gula darah anda.
Untuk memeriksa gula darah anda sendiri dengan menggunakan Alat Tes Gula Darah, tangan anda harus dicuci terlebih dahulu. Kemudian tusukkan jarum / lancet ke jari anda menggunakan Lancing Device. Biarkan darah keluar dengan sendirinya, tidak perlu dipijat atau ditekan. Tempelkan darah yang keluar pada test strip yang telah disiapkan. Sebelum menempelkan darah pada test strip, test strip harus dimasukkan terlebih dahulu ke dalam Meter, tetapi ini tergantung pada jenis Alat Tes Gula Darah yang anda miliki, ada yang harus dimasukkan terlebih dahulu ada juga yang tidak. Setelah itu dalam beberapa detik, hasil kadar gula anda akan muncul dalam monitor Alat Tes Gula Darah.
Apabila hasil kadar gula darah yang muncul pada monitor kurang baik, itu disebabkan karena kesalahan dalam cara pemeriksaan atau human error. Penyebabnya antara lain :
1. Darah pada test strip kurang banyak
2. Test strip digunakan lebih dari sekali.
3. Terdapat kotoran pada test strip
4. Test strip rusak atau kadaluarsa
5. Meter / monitor kotor atau rusak
6. Kode yang dimasukkan pada meter tidak cocok dengan kode test strip
7. dll

http://tokodiabetes77.blogspot.com/2011/07/alat-tes-gula-darah-kolesterol-asam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar