Rabu, 20 Juli 2011

Apa Itu Diabetes





Diabetes sering disebut penyakit kencing manis, karena gula darah yang tinggi akan menarik kencing ke luar sehingga penderita diabetes sering kencing dan jumlahnya banyak. Kencingnya juga mengandung gula. Karena sering kencing dan kencingnya bergula inilah, penyakit ini juga disebut Diabetes Mellitus atau Kencing Manis.
Dalam hal ini, kadar gula darah seseorang melebihi normal karena tubuh tidak lagi memiliki insulin atau insulin tidak dapat bekerja dengan baik. Insulin adalah hormon yang bekerja memasukkan gula dari peredaran darah ke dalam sel dan diproduksi oleh kelenjar pankreas yang berada dalam perut. Hormon ini diproduksi oleh sel beta yang ada di dalam pankreas. Gula dari makanan yang masuk melalui mulut, dicerna di dalam usus, kemudian diserap masuk ke dalam aliran darah. Glukosa ini merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh di otot dan jaringan. Agar glukosa dapat melakukan fungsinya dibutuhkan insulin. Setiap kali kita makan, pankreas memberi respon dengan mengeluarkan insulin ke dalam aliran darah. Ibarat kunci, insulin membuka pintu sel agar glukosa masuk sehingga kadar glukosa dalam darah menjadi turun.
Pada penderita diabetes, terjadi gangguan keseimbangan antara transportasi glukosa ke dalam sel, glukosa yang disimpan di hati, dan glukosa yang dikeluarkan dari hati. Keadaan ini menyebabkan kadar glukosa dalam darah meningkat dan kelebihannya akan keluar melalui urine. Jumlah urine banyak dan mengandung gula. Penyebab ini hanya ada dua, yaitu pankreas tidak mampu lagi membuat insulin dan sel tubuh tidak memberi respon terhadap kerja insulin sebagai kunci untuk membuka pintu sel sehingga glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel.


http://tokodiabetes77.blogspot.com/2011/07/alat-tes-gula-darah-kolesterol-asam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar